JURNAL MINGGU KE-3
JURNAL MINGGU KE-3
NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Peristiwa/Facts
Kegiatan saya di awal materi 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Pengerak
adalah refleksi pribadi menggunakan trapezium usia. Saya diminta menuliskan
pengalaman yang paling berkesan atau palin diingat sampai sekarang. Saya
mencoba mengingat ketika saya berulang tahun ke 10 saya mendapat sebuah buku
cerita. Senang sekali mendapat hadiah seperti itu karena saya suka membaca.
Sedangkan pengalaman saya yang cukup mengecewakan ketika SMP saya batal
mengikuti kegiatan Jambore Nasional Pramukan karena 2 hari sebelum
keberangkatan saya sakit.
Setelah
saya hubungkan dengan pekerjaan saya sebgai guru, ternyata pengalaman bisa
berdapak pada kehidupan yang akan datang sehingga saya berusaha jangan sampai anak didik saya juga
mengalami hal yang sama yaitu kecewa. Saya berusaha untuk bisa meberikan
pengalaman belajar yang baik sehingga anak didik saya akan termotivasi untuk
bisa bertumbuh dan berkembang sesuai usianya yang tentunya pengalaman yang menyenagkan.
Belajar mandiri memanfaatkan LMS sudah mulai terbiasa. Satu per satu materi yang diberikan saya pelajari. Ada banyak informasi yang saya dapatkan melalui LMS ini. Metode belajar di LMS ini sangat menarik karena berbagai cara disodorkan untuk bisa menguasai materi. Pada eksplorasi konsep saya mendapatkan informasi mulai dari Pembentukan nilai diri, Profil Pelajar Pancasila, sampai pada Nilai-nilai yang harus dimiliki seorang Guru Penggerak untuk dapat digunakan dalam menjalankan peran Guru penggerak di sekolah.
Untuk lebih mendalami materi tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak, saya mengikuti proses yang berikutnya adalah diskusi mandiri dan kolaborasi dengan teman-teman di ruang meet sampai pada mempresentasikan hasil diskusi kami.
Perasaan
/Feelings
Senang
itu pasti. Materi yang saya dapat kali ini tentang apa nilai-nilai yang harus
dimiliki oleh seorang guru untuk melaksanakan peran dalam membimbing dan
mengatar murid menuju Pelajar Pancasila melalui berbagai pengalaman belajar
yang ada di sekolah, membuat saya lebih percaya diri karena kekuatan yang ada
dalam diri saya sudah saya miliki.
Pembelajaran/Findings
Saya
tertarik dengan Diagram Identitas Gunung Es tentang konsep penumbuhan karakter.
Kita diajarkan bahwa dalam mempertimbangkan sesuatu tidak melihat dari luarnya
saja. Setiap orang memiliki kemampuan. Sebagian kecil Nampak di permukaan.
Namun sebagain besar masih tersebunyi dalam diri seseorang. Proses perubahan
prilaku terjadi secara terus menerus sehingga menjadi pembiasaan. Ini berarti
bahwa seseorang dapat berubah karena ada kemauan dari dalam diri sendiri.
Potensi untuk berubah itu sudah ada
dalam diri setiap manusia. Ada banyak kemampuan yang kadang tidak disadari oleh
kita sendiri. Prilaku yang berubah dapat menjadi kebiasaan. Ada dua cara
melakukan pembiasaan yaitu keteladanan dan sistem/aturan secara konsisten agar
pola pikir, kepercaan dan nilai-nilai terus meningkat menjadi karakter yang
baik. Ini berarti bahwa sebagai guru kita perlu menggali karakter baik kuta
untuk dapat menjadi contoh bagi siswa. Kita menjadi factor penting untuk
perubahan tingkah laku murid.
Pada materi ini juga saya mendapat
kekuatan baru bahwa untuk bisa menggerakkan orang lain dimulai dari dalam diri
kita sendiri. Untuk itu saya akan berusaha semaksimal mungkin agar kekuatan
dalam diri saya dapat membantu anak diri untuk mengambangkan dirinya.
Dari materi yang saya pelajari
akhirnya saya sadar bahwa untuk bisa memiliki kemampuan diri perlu dilatih dan
dibiasakan sehingga kita dapat memiliki karakter baik. Deanga denikian
Nilai-nilai yang sudah ada dalam diri saya bisa menjadi kekuatan untuk
melakukan peran saya sebagai guru penggerak, dan dampat positif dalam
pembelaharan bisa membawa anak menjadi Pelajar Pancasila.
Perubahan/future
Adapun perubahan yang saya alami dalam diri saya adalah memiliki niat untuk
selalu belajar dan belajar lagi agar saya dapat membantu orang lain dalam
menjalankan tugas saya sebagai guru. Menyadari sepenuhnya akan kemampuan pribadi dan lingkungan agar bisa berdapak
pada siswa terutama perubahan mewujudkan karakter baik disetiap proses
pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar